Kamis, 25 Februari 2010

Observatorium


Observatorium adalah bangunanan yang dirancang khusus untuk menyimpan teleskop. Sampai abad ke-20, observatorium dibangun tidak jauh dari tempat astronom memakainya seperti dekat universitas. Sekarang kota-kota besar terlalu terang pada malam hari sehingga cahayanya dipantulkan oleh debu dan uap air di udara ke teleskop akibatnya sukar melihat benda-benda samar di langit malam. Sekarang observatorium dibangun tinggi di puncak gunung lebih tinggi dari kebanyakan polusi, debu dan uap air di atmosfir.


Info Observatoriun :

  • The Royal Observatory of 1675 di Greenwich, London harus dipindahkan karena cahaya terang dan polusi udara di Greenwich. Sekarang letaknya di puncak gunung di pulau Canary.

  • Beberapa teleskop sekarang dikendalikan dengan komputer yang dihubungkan dengan jaringan telepon atau internet. Astronom dapat mengendalikan teleskop dari komputer di negara lain.

  • Teleskop Schmidt di Inggris yang berdiameter 1,2 meter dapat terlihat melalui pintu observatoriumnya yang terbuka, biasanya teleskop mempunyai sudut pandang yang sangat sempit. Teleskop Schmidt yang diciptakan Bernhardt Schmidt pada tahun 1930 an dirancang untuk menghasilkan pandangan daerah yang luas di langit.

  • Teleskop Anglo-Australia yang berdiameter 3,9 meter. Teleskop ini berputar di antara lengan-lengan sepatu kuda raksasa yang disebut South Bearing, yang juga berputar dengan cincin besar dipasang pada dasar rangkannya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar