Kamis, 25 Februari 2010

Kegagalan Hubble Pada Peluncurannya

Teleskop ruang angkasa Hubble merupakan impian setiap astronom. Akhirnya, dengan sebuah teleskop yang dapat ditempatkan di atas atmosfer bumi yang berkabut, orang dapat melihat ruang angkasa dengan jelas. Tetapi, tak lama setelah mengorbit bumi tahun 1990, Hubble mulai mengalami masalah. Teleskop yang seharusnya mengirimkan gambar yang jelas, malah mengirim foto-foto yang kabur (tidak jelas). Untungnya, para ilmuwan berhasil menelusuri masalahnya. Salah satu cermin besar pada teleskop itu tidak bisa memfokuskan cahaya. Hubble seperti orang yang membutuhkan kacamata supaya bisa melihat jelas.
NASA melatih awak yang terdiri dari enam pria dan seorang wanita. Tanggal 2 Desember 1993, para astronot diluncurkan ke orbit dengan pesawat ulang alik Endeavour. Mereka berhasil menyusul Hubble dan menangkapnya dengan lengan robot sepanjang 16 meter dan mengunci teleskop itu di anjungan kargo Endeavour. Sambil berjalan-jalan di luar angkasa, para awak menambahkan sepuluh cermin kecil untuk memperbaiki daya pandang teleskop itu. Mereka juga mengganti panel surya Hubble, memperbaiki sistem elektroniknya, memasang kamera baru, dan meningkatkan kemampuan komputernya.
Hasil kerja keras itu tidak sia-sia. Sejak misi perbaikan itu, Hubble dapat mengirimkan gambar-gambar mengagumkan dari tata surya kita.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar